Universitas Muhammadiyah sebagai amal usaha muhammadiyah berparan penting  dalam mewujudkan cita-cita Muhammadiyah. Maka dari itu melalui Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengadakan program D1 kemuhammadiyahan yang bertujuan untuk menanamakan nilai-nilai islam yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW melalui gerakan Muhammadiyah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sudah melakukan perkulihan D1 KeMuhammadiyahan sejak tahun 2011 hingga saat ini sudah memiliki ribuan alumni dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah, dengan berbagai latar belakang ada dari unsur guru, pmpinan ranting, pimpinan cabang hingga karyawan dan pimpinan amal usaha Muhammadiyah seperti rumah sakit, koprasi, panti asuhan, dll .

Program D-1 KMD merupakan Program yang unik dan ini menjadi “GIROH” kita bersama untuk mengembangkan persyarikatan melalui pemantapan ideologi dan pedoman hidup yang  yang sesuia dengan al-Qur’an dan as-Sunnah. Tepat tanggal 26 November 2016 Fakulas Agama Islam UMSIDA kembali melakukan Wisuda yang ke VI Program D1 Pendidikan Kemuhammadiyahan bertepat di aula gedung E lantai 7 UMSIDA mewisuda ratusan  Mahasiswa dari Kendal Jawa Tengah.

Dalam pelaksanaan wisdua dibuka secara langsung oleh Rektor Umsida Dr. Hidayatulloh, M.SI yang memberikan sambutan tentang pentingnya program D-1 KMD untuk memberikan pemantapan ideologi muhmmadiyah. Di akhir kegiatan ada penyampaian kesan dan pesan drg. Edi Susanto mengatakan “Dari sinilah saya benar-benar bisa merasakan menjadi warga Muhammadiyah dan saya akan terus mengamalkan ilmu yang sudah saya dapatkan selam kuliah di fakultas Agama Islam UMSIDA ini”. Tidak kalah membanggakan dan banyak peserta yang meneteskan air mata ketika sekertaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal  “sambil bersuara berat danmeneteskan air mata” dalam sambutannya mengatakan saya bangga dengan UMSIDA dan semangat para karyawan dan Pimpinan serta AUM muhammadiyah khususnya Rumah Sakit Muhammadiyah Kendal yang telah begitu antusias berperan aktif dalam pelaksanaan Program D-1 KMD ini. Red.