Membuka Cakrawala Keilmuan Melalui Penulisan Karya Ilmiah Dalam Forum Prodi PGMI (FORMI) dan Forum Komunikasi Prodi Perbankan Syariah (FKPPS)

Pada tanggal 17-18 Maret 2017 Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo kembali di percaya kopertais wilayah IV untuk menyelenggarakan acara tingkat kopertais Wilayah IV, kali ini adalah acara Workshop Forum Prodi PGMI dan Perbankaan Syariah yang ikut dalam rangkaian acara adalah klinik proposal yang didukung oleh Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP)nf. Acara yang diadakan di kampus 4 UMSIDA yang beralamat di Jalan Raya Rame Pilang Wonoayu  ini di hadiri 50 peserta  dari PTKIS se jawa timur, bali, NTT dan NTB . Acara  diadakan dau hari, pada hari pertama adalah pembukaan yang di buka langsung oleh sekertaris Kopertais Wilayah IV bapak Muhammad Nuril Huda, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan tersebut, karena kegiatan ini adalah salah satu impelentasi dari kegiatan sebelumnya di adakan NTT, yang menghadirkan pimpinan PTKIS Kopertais Wilayah IV yang hasilnya menyebutkan perlu penguatan prodi dan peningkatan kualitas peneliti. Ba’da Jumatan  kemudian dilanjutkan dengan workshop jurnal  yang di pandu langsung oleh dosen UMSIDA yaitu Muhammad Tanzil Multazam, SH., M.Kn.  Setelah sesi workshop dilanjutkan dengan diskusi  per asosiasi untuk merumuskan kurikulum prodi yang sesuai dengan perkembangan.

Hari kedua dilanjutkan dengan klinik Proposal yang menghandirkan langsung  Bapak Anis Masykur, MA Diktis dari kemenag Jakarta untuk memberikan kiat-kiat bagaimana lolos dalam penelitian yang didanai kemenag. Selanjutnya dilanjutkan dengan presentasi tiap-tiap proposal yang telah dibawah oleh peserta, terbagi menjadi dua kelompok,  penelitian dan abdimas. Sebelum acara prentasi di mulai penggagas Forum Komunikasi Dosen Peneliti (FKDP)  Dr. H. Muhsinin, M.Si  menyampaikan “ Apa yang dilakukan kampus, yang melaksankan acara FKDP adalah dicatat sebagai amal karena kegiatan FKDP merupakan  swasembada mandiri dari peserta, semoga acara di UMSIDA ini benar-benar menghasilakan manfaat atau ide-ide baru bagi para peneliti.

Semoga dengan acara asosisai dan workshop yang diselenggarakan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah memberikan pencerahan bagi peserta Workshop yang kemudian hasilnya bisa dimanfaatkan kembali ke prodi atau PTKIS masing-masing peserta.