TUJUAN

Tujuan yang akan dicapai oleh Fakultas Agama Islam adalah:

  1. Menyiapkan guru pendidikan agama Islam, guru pendidikan Bahasa Arab, dan guru Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah serta mencetak sarjana hukum Islam yang berkepribadian muslim serta memiliki kompetensi akademik, pedagogic, social, dan professional.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, kependidikan dan hukum Islam dalam rangka memajukan Islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.
  3. Mengembangkan pendidikan Islam untuk mewujudkan masyarakat utama, adil dan makmur yang diridloi Allah SWT.


SASARAN

  Sasaran yang ingin dicapai oleh Fakultas Agama Islam adalah;

  1. Lulusan dan/atau sarjana Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ahwal Ahsyasyiyah yang kompeten dan professional.
  2. Meningkatkan tata kelola Fakultas Agama Islam sehingga dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat.
  3. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana perkuliahan sesuai dengan rasio mahasiswa dan dosen.
  4. Meningkatkan mutu akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kependidikan agama Islam, Bahasa Arab, Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ahwal Ahsyasyiyah.
  5. Meningkatkan sumber dana dan sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

 

INDIKATOR

  1. Terlaksananya perkuliahan bagi mahasiswa pendidikan agama Islam, pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Ahwal Ahsyasyiyah yang berbasis kurikulum integrative di Fakultas Agama Islam.
  2. Lulusan Fakultas Agama Islam telah memiliki keunggulan professional, social, dan berkepribadian Islam, serta mampu menjadi guru di sekolah dan madrasah sesuai bidang keahlian atau kesarjanaannya.
  3. Lulusan Fakultas Agama Islam memiliki kompetensi, kualifikasi, dan profesionalisme sebagai tenaga pendidik, kependidikan dan hukum Islam pada sekolah, madrasah, pengadilan atau tempat mengabdi yang lain.
  4. Pengguna lulusan Fakultas Agama Islam memiliki kepuasan akademik dan bisa bekerjasama dengan menggunakan lulusan Fakultas Agama Islam.
  5. Terwujudnya pelayanan akademik dan non akademik yang bermutu kepada seluruh mahasiswa Fakultas Agama Islam saat menempuh program pendidikan tinggi.
  6. Tersedianya sistem penjaminan mutu Fakultas, untuk menjamin kualitas akademik dan non akademik.
  7. Dosen dan mahasiswa telah berperan aktif dalam menyeleseikan permasalahan masyarakat dalam bidang pendidikan dan hukum agama Islam dengan meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  8. Terlaksananya tata kelola Fakultas yang demokratis, transparan, akuntabel, serta melibatkan stake holders fakultas.