1. Pendaftaran online jalur bidikmisi disediakan untuk calon mahasiswa baru lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.
  2. Ada dua jenis bidikmisi yang disediakan, yaitu:
    1. Bidikmisi Pemerintah: disediakan untuk calon mahasiswa baru dari keluarga kurang mampu, dengan  ketentuan sebagai berikut:
      1. Persyaratan dan prosesnya mengikuti ketentuan pemerintah.
      2. Calon mahasiswa baru boleh memilih 2 program studi dari semua program studi yang tersedia.
    2. Bidikmisi UMSIDA: disediakan untuk calon mahasiswa baru dari keluarga kurang mampu, dengan ketentuan sebagai berikut:
      • Program studi yang disediakan: Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Akhwalussakhsiyah, Pendidikan TIK, Pendidikan IPA, Agroteknologi, dan Teknologi Hasil Pertanian.
      • Mendapat rekomendasi dari Pimpinan Cabang/Daerah/Wilayah Muhammadiyah di Jawa Timur.
      • Calon mahasiswa baru boleh memilih 2 program studi dari program studi yang disebutkan pada bagian 2.a.
    3. Pendaftaran jalur bidikmisi dari Pemerintah mengikuti jadwal yang ditentukan oleh Pemerintah.
    4. Pendaftaran jalur bidikmisi UMSIDA dibuka pada gelombang 2.
    5. Calon mahasiswa baru jalur bidikmisi yang memilih program studi di luar Fakultas Ilmu Kesehatan dan memenuhi ketentuan pada huruf a dan b wajib mengikuti tes TPA secara online.
    6. Calon mahasiswa baru jalur bidikmisi pemerintah yang memilih program studi Kebidanan atau Analis Kesehatan dan memenuhi kriteria pada huruf a dan b wajib mengikuti tes TPA secara online, tes wawancara, dan tes kesehatan.
    7. Calon mahasiswa baru jalur bidikmisi yang dinyatakan diterima wajib melakukan herregistrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
    8. Calon mahasiswa baru yang tidak diterima jalur bidik misi, tetapi nilainya memenuhi standar jalur reguler, maka diterima sebagai mahasiswa baru jalur reguler.
    9. Calon mahasiswa baru yang tidak diterima jalur bidikmisi dan nilainya tidak memenuhi standar jalur reguler bisa mengikuti tes dengan membayar 50% biaya pendaftaran.