Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan acara Kuliah Tamu dengan mengusung tema Literas Digital Untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah Mahasiswa, melalui virtual meeting, pada Selasa (05/10). Kuliah tamu merupakan program awal pengenalan Fakultas kepada mahasiswa baru (Maba).

Berdasarkan tema ini, topik bahasan webinar adalah tantangan mahasiswa di era 5.0 untuk menyelaraskan antara ilmu pengetahuan dan teknologi. Acara webinar dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Agama Islam Dr Istikomah M Ag dengan Moderator Moch Bahak Udin By Arifin M Pdi. Adapun webinar ini diikuti oleh 580 peserta terdaftar.

Acara tersebut menghadirkan pemateri yang ahli dalam bidangnya yaitu Pemateri pertama merupakan yang ahli pada bidang literasi yakni Dr Ida Rindaningsih MPd. Kemudiah pemateri yang kedua yaitu Dr Muhammad Huda yang ahli pada bidang literasi teknologi, menjelaskan dan mempraktikkan secara langsung tentang beberapa software yang digunakan dalam menulis paper.

Kuliah Tamu juga memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang manfaat teknologi dalam ilmu pengetahuan serta dapat menumbuhkan mahasiswa dalam bidang literasi yang memanfaatkan teknologi. Dengan semua itu, ilmu pengetahuan dan teknologi akan berjalan selaras sehingga dapat di impelentasikan dengan baik.

Dr Ida Rindaningsih M Pd menyampaikan materi pada Power point (PPT) tapi juga memberi semangat dan motivasi kepada mahasiswa agar selalu semangat dalam mengembangkan kemampuan literasinya. Ia juga menyampaikan, “Jadikan pengalaman belaja sebagai mengasah kemampuan kompetisi serta jangan takut salah dalam mencoba hal yang baru,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Ia juga menambahakan pentingnya literasi bagi mahasiswa. “Kita sebagai mahasiswa harus membiasakan literasi, disisi teknologi beliau menyampaikan agar mahasiswa tidak hanya update dengan teknologi, namun, harus menerapkan dan mampu menghasilkan karya yang dapat bermanfaat bagi banyak orang,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan Kuliah Tamu FAI bisa bermanfaat bagi semuanya. “Saya berharap dari kegiatan Kuliah Tamu tersebut, pengetahuan mahasiswa akan teknologi yang penerapannya pada literasi lebih luas lagi, terutama pada bidang kepenulisan karya tulis yang menggunakan beberapa software, karena pada dasanya untuk membangun ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkemajuan harus dimulai terlebih dahulu pada sesuatu yang dilakukan mahasiswa,” pungkasnya.

ditulis : Muhammad Asrul

Related Posts

Leave a Reply