Kerja Sama Internasional – FAI

Kerjasama antara FAI UMSIDA dengan UNISZA Malaysia

 

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), menggelar Seminar Internasional bertajuk “The international seminar on science and religion in the indonesian and malaysian education system”, pada Jum’at  (28/06/19) di Aula Mas Mansyur Gedung E kampus 1 Umsida.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Umsida dengan Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia (UniSZA). Rombongan dari Malaysia berjumlah 11 orang hadir dalam acara ini, beberapa diantaranya yakni  Prof Dr Kamarul Shukri Bin Mat Teh Timbalan Naib Canselor (Akademik dan Antarbangsa) UniSZA, sekaligus sebagai narasumber seminar, Prof Dr Abdul Hakim Abdullah Dekan Fakulti Pengajian Kontemporari Islam (FKI) UniSZA, Encik Ismail Bin Musa Pengarah Pusat Komunikasi Korporat dan Pengurusan Perhubungan UniSZA dan Prof Madya Dr Normadiah Binti Daud Timbalan Dekan Akademik dan Siswazah FKI UniSZA.

Dekan FAI Umsida Dr Istiqomah, M.Ag dalam sambutannya saat membuka acara menjelaskan bahwa FAI Umsida sudah punya program kredit transfer. “InsyaAllah di bulan September kami akan mengirimkan mahasiswa ke UnisZA dan sebaliknya.” Tutur Istiqomah. Program ini merupakan kegiatan akademik yang akan terus dilakukan Umsida untuk meningkatkan kualitas lembaga dan membuka wawasan mahasiswa. “Oleh karena itu, kalau ingin ke luar negeri maka kuliahlah di Umsida.” kata bu Is sapaan akrabnya.

Rektor Umsida Dr Hidayatulloh M Si menyampaikan sambutan selamat datang kepada seluruh tamu dari Malaysia dan sekaligus sebagai narasumber yang memaparkan materi tentang konsep pendidikan di Indonesia dengan judul “Pendidikan Holistic di Era Revolusi Industri 4.0.

Tidak hanya seminar, dalam acara ini juga berlangsung penandatangan Memorandum Of Agreement (MoA) antara Umsida dengan UniSZA tentang kesepakatan menyelenggarakan konferensi dan publikasi ilmiah. Dihadapan seluruh tamu dan ratusan peserta seminar dari kalangan mahasiswa dan umum, MoA ditandatangani oleh Rektor dan Dekan dari masing-masing pihak.

Selesai penandatanganan MoA, acara seminar kembali dilanjutkan dengan paparan yang menarik dari Prof Dr Kamarul Shukri Bin Mat Teh tentang sistem pendidikan 4.0 di Malaysia dan dipandu oleh moderator Drs Muflich Hasyim M Pd dosen FAI Umsida dosen FAI Umsida.

 

Cr: Umsida.ac.id