Lab. Microteaching – FAI
Ruang Tunggu Lab Microteaching
Laboratorium Microteaching FAI Umsida
Laboratorium Microteaching FAI Umsida

 

Laboratorium Microteaching FAI Umsida

 

Laboratorium Mikroteaching ini merupakan laboratorium wajib bagi Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Karena didalamnya terdapat meteri praktek bagaina manajemen kelas, pengelolaan metode pembelajaran dan elatih mahasiswa dari segi profesionalitas dalam pengajaran. Mikroteaching bertujuan untuk menyiapkan mental dan pengarlaman empirik mahasiswa untuk praktek mengajar sebagaimana nanti mahasiswa akan langsung terjun kesekolah-sekolah. Dalam pelaksanaanya Laboratorium Microteaching mendatangkan para siswa untuk datang ke Laboratorium dan mahasiswa mengajar layaknya pengajaran di kelas karena akan dilihat pleh dosen pengampu mata kuliah microteaching dan para mahasiswa untuk dilihat perfomennya dan dinilai cara dan sstrategi pengajarannya. Secara Khusus, Latihan pembelajaran microteaching ini bertujuan untuk:

  1. meningkatkan ketrampilan mahasiswa mengenai cara menyusun persiapan mengajar yang di mikrokan
  2. meningkatkan ketrampilan teknik mengajar yang efektif dan efisien bagi mahasiswa
  3. dapat menganalisa tingkah laku mengajar diri sendiri dan teman-temannya
  4. latihan ketrampilan mengajar melalui laboris, diharapkan kelak dalam menghantarkan pembelajarannya akan terhindar dari “kikuk dan kaku

Adapun sasaran pengajaran melalui laboratorium microteaching adalah terbentuknya profil guru Fakultas Agama Islam yang memiliki sikap profesional, tekun dan menguassai metode serta strategi pembelajaran terkini, sehingga melahirkan calon guruyang terampil dan memiliki keilmuan yang spesifik dan mantap.