Majukan UMKM, Dosen Perbankan Syariah Ini Raih Penghargaan – FAI

Umsida.ac.id – rapat akademik semester gasal 2019/2020 membawa cerita menarik. Dalam acara yang diadakan di Aula Mas Mansyur Kampus 1 Umsida ini dilakukan pemberian penghargaan kepada dosen dosen Umsida sebagau peneliti terbaik yang diserahkan langsung oleh rektor Umsida Dr Hidayatullah Msi (29/08). Fitri Nur Latifah SE M E Sy, Dosen Program Studi Perbankan syariah Umsida ini menjadi salah satu dosen dengan penelitian terbaik ke-2 dari hibah internal Umsida atas penelitian yang dilakukannya di Desa Kenongo, Kec. Tulangan, Sidoarjo.
Berangkat dari kondisi pasca bencana Lumpur Lapindo beberapa waktu lalu, banyak korban terdampak lumpur Lapindo yang memilih pindah ke Desa Kenongo. Desa yang awalnya sepi penduduk itupun akhirnya ramai seiring pembangunan beberapa perumahan baru. Oleh karena itu warga desa kenongo mulai tergerak untuk melakukan usaha kecil kecilan namun terkendala cara mengembangkan usaha. Oleh karena itu Fitri Nur Latifah bersama timnya tergerak melakukan pemberdayaan UMKM desa Kenogo melalui media online agar nantinya UMKM di desa tersebut dapat berkembang. Selain bekerjasama dengan platform transportasi seperti grab dan gojek, hasil GEO UMKM di desa tersebut juga diakomodir oleh platform ijabqabul.id yang dibuat oleh dosen Perbankan Syariah M Ruslianor Maika M AB dan dosen Informatika Irwan A Kautsar
Dalam kesempatannya, ia menjelaskan,” Jadi kami sudah melakukan pelatihan dan sosialisasi pembukuan agar para pelaku UMKM dapat mengakses pembiayaan dari bank. Itu akan menjadi langkah yang lebih bagus lagi jika mereka bisa masuk ke platform atau media online sehingga market share mereka lebih besar dan dapat mengembangkan UMKM mereka,” ujarnya. Fitri sapaan akrabnya, berharap mahasiswa Umsida khususnya mahasiswa Perbankan syariah dapat lebih kritis dan dekat dengan permasalahan yang ada disekitar, sehingga dapat menularkan ilmunya melalui inovasi inovasi yang dihadirkan dapat bermanfaat untuk umat. (Real)

cc:umsida

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *