Fai.umsida.ac.id — Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) turut aktif berpartisipasi dalam Semiloka Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PPBA) Indonesia 2025 yang berlangsung di eL Hotel Kartika Wijaya, Kota Batu, pada 5–7 November 2025.
Baca Juga: Semiloka dan Rakernas PPPBA Indonesia 2025 Rumuskan Strategi Akreditasi Unggul Prodi Bahasa Arab
Kegiatan ini mengangkat tema “Penguatan Kurikulum Prodi PBA Berbasis Permendiktisaintek Nomor 39 Tahun 2025 dan Penyiapan Akreditasi Unggul melalui IAPS 2.0 dan 3.0.” Forum nasional tersebut diikuti oleh pengelola Prodi PBA dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Umsida.
Meningkatkan Mutu Akademik dan Akreditasi
Kaprodi PBA Umsida, Khizanatul Hikmah, menilai kegiatan ini sebagai ruang pembelajaran yang penting bagi penguatan kurikulum dan akreditasi.
“Semiloka ini menjadi ruang berbagi keilmuan yang sangat bermanfaat dan berdampak bagi pengembangan Prodi PBA. Kami mendapat panduan praktis dalam menyesuaikan kurikulum dengan regulasi baru berbasis Permendiktisaintek No. 39 Tahun 2025 sekaligus memahami mekanisme akreditasi unggul melalui IAPS 2.0 dan 3.0,” ungkapnya.
Sementara itu, Najih Anwar, selaku Tim Penjamin Mutu Prodi PBA, menegaskan komitmen Umsida untuk terus mempertahankan prestasi akademik.
“Kami akan terus mendukung peningkatan mutu pendidikan Bahasa Arab di Umsida serta mempertahankan capaian akreditasi unggul yang telah diraih pada tahun 2023,” ujarnya.
Langkah Konkret Menuju Kurikulum Unggul
Dalam berbagai sesi panel dan diskusi, peserta membahas penerapan Permendiktisaintek No. 39 Tahun 2025, integrasi Outcome-Based Education (OBE), serta optimalisasi IAPS 2.0 dan 3.0.
Baca juga: Kerja Sama Umsida dan Esil University Jadi Langkah Strategis Wujudkan Kampus Berdaya Saing Global
Melalui forum ini, PBA Umsida memperkuat sinergi dengan berbagai kampus dan mempertegas langkah menuju pendidikan Bahasa Arab yang unggul, relevan, dan adaptif terhadap era digital. Partisipasi ini menjadi bukti nyata kontribusi Umsida dalam peningkatan kualitas pendidikan Bahasa Arab di tingkat nasional.
Penulis: Khizanatul Hikmah MPdi
Editor: Akhmad Hasbul Wafi

























