Pelepasan Mahasiswa Kredit Transfer Umsida ke Unisza

Satu semester telah dilalui oleh tiga mahasiswa kredit transfer dari Universiti Sultan Zainal Abidin (Unisza) dalam menimba ilmu di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida)
Acara pelepasan mahasiswa kredit transfer digelar di ruang rapat gedung A, Umsida (03/01) pukul 13.00 wib.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Umsida, Dekan FAI (Fakultas Agama Islam) Umsida, Sekretariat Universitas dan Urusan Internasional Umsida, dan jajaran dosen FAI Umsida.
Dr Istikomah MAg, Dekan FAI Umsida mengungkapkan bahwa enam mahasiswa student exchange senang mengikuti program tersebut. “Melihat dari apa yang disampaikan mahasiswa baik dari Unisza maupun Umsida, mereka senang sekali mengikuti program kredit transfer.”

Artinya, sambung Dekan FAI, bahwa program ini sangat besar manfaatnya bagi mahasiswa. Istikomah menuturkan, “Pertama, mereka bisa saling mengenal budaya dan adat istiadat yang ada di masing-masing negara. Mereka akan mengenal lebih dekat tentang iklim kampus yang ditempati.”

Selain itu, mereka punya banyak pengalaman. “Karena selain berkuliah sesuai dengan mata kuliah yang ada, mereka juga bisa mendapatkan pengalaman baik dari traveling maupun mengunjungi tempat2 penting untuk refreshing dan menambah nilai edukasi,” ujar Dekan FAI.

Menurut Istikomah, melalui kegiatan ini, mereka dapat membangun self confidence, “Selain self confidence, pengalaman juga sangat penting. Tidak ada kesempatan lain kecuali ada program kampus. Mereka tidak akan mungkin melakukan sendiri.”

Mengingat program ini begitu banyak manfaatnya, lanjut Istikomah, baik untuk bentuk poin masing-masing prodi, juga untuk publikasi branding mahasiswa. “Jujur saja dari apa yang sudah saya gali dari mahasiswa, mereka sangat bangga bisa masuk Umsida karena dengan program ini. ‘Kalau pengin ke luar negeri, masuk FAI saja’. Itu slogan yang ingin mereka sampaikan ke teman-teman,” Istikomah memaparkan.

“Dengan demikian, insya allah kami tetap berharap dan berusaha apabila program ini diizinkan dan alhamdulillah sudah muncul sk rektor yang baru bahwa program kredit transfer umsida tetap kita lakukan,” tutur Dekan FAI.

Reporter: Inka Ayu P

cc:umsida.ac.id

Related Posts

Leave a Reply