Mahasiswa FAI Umsida Berbagi Pengalaman Berharga dalam PLP 2 di MA Bilingual Al-Amanah Junwangi

Fai.umsida.ac.id-Program Pengalaman Lapangan (PLP) 2 menjadi salah satu langkah strategis Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FAI Umsida) dalam membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata di dunia pendidikan.

Baca Juga:Tingkatkan Kesadaran Kebersihan Diri Anak dengan Edukasi Sanitasi oleh KKNP 42 Umsida

Program ini diikuti oleh gabungan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), yang ditempatkan di MA Bilingual Al-Amanah Junwangi Melalui PLP 2, mahasiswa tidak hanya berlatih mengajar tetapi juga belajar beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengelola kelas, serta memahami tantangan yang dihadapi oleh tenaga pendidik.

Dinamika Penempatan dan Pengalaman di Sekolah

PLP 2 yang diikuti oleh mahasiswa PAI dan PBA memiliki sistem penempatan yang berbeda. Mahasiswa PAI diberikan kebebasan untuk memilih lokasi PLP mereka, sementara mahasiswa PBA langsung ditempatkan oleh Kaprodi tanpa adanya opsi pemilihan lokasi. Perbedaan ini menimbulkan harapan agar sistem penempatan lebih disamaratakan di masa depan.

“Saya berharap sistem penempatan mahasiswa dapat dibuat lebih adil. Jika mahasiswa PAI bisa memilih tempat PLP mereka, seharusnya mahasiswa PBA juga mendapatkan kesempatan yang sama,” ujar salah satu mahasiswa PBA.

Terlepas dari perbedaan tersebut, pengalaman PLP 2 memberikan kesan yang positif bagi para mahasiswa. Mereka ditempatkan di sekolah dengan lingkungan yang tertib dan bersih, serta didukung oleh guru-guru yang ramah dan membimbing dengan baik. Mahasiswa PBA mengajar empat mata pelajaran dengan total delapan jam pelajaran dalam sepekan, bahkan mereka sering menggantikan guru yang berhalangan hadir.

Namun, salah satu tantangan yang dihadapi adalah jarak sekolah yang cukup jauh dari domisili mahasiswa. Beberapa mahasiswa harus menempuh perjalanan hingga 45 menit, yang cukup melelahkan dan menghabiskan bahan bakar motor mereka. “Walaupun jaraknya jauh dan cukup melelahkan, pengalaman ini sangat berharga bagi saya sebagai calon pendidik,” ungkap salah satu mahasiswa.

Peran Guru Pamong dan Kondisi Pembelajaran di Sekolah

Guru pamong memiliki peran yang sangat penting dalam mendampingi mahasiswa selama PLP 2. Mereka tidak hanya memberikan arahan mengenai tugas harian, tetapi juga membantu mahasiswa dalam merancang strategi pembelajaran dan mengevaluasi efektivitas metode mengajar yang digunakan.

“Bimbingan dari guru pamong sangat membantu kami dalam menghadapi berbagai situasi di kelas. Mereka memberikan banyak masukan, terutama dalam cara mengelola kelas dan berinteraksi dengan siswa yang memiliki karakter beragam,” ujar seorang mahasiswa PAI.

Mahasiswa juga merasakan suasana belajar yang cukup kondusif di sekolah-sekolah tempat mereka ditempatkan. Banyak dari mereka yang ikut berkontribusi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan berbagai program sekolah lainnya. Ini memberikan pengalaman tambahan di luar mengajar yang membuat mereka semakin memahami dinamika sekolah secara lebih luas.

“Terjun langsung mengajar di depan siswa benar-benar membentuk mental saya sebagai seorang pendidik. Hal ini menjadi pengalaman yang sangat berharga dalam persiapan saya untuk terjun ke dunia pendidikan yang sesungguhnya,” tambah mahasiswa lainnya.

Harapan dan Refleksi PLP 2

PLP 2 memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori pendidikan yang telah mereka pelajari selama perkuliahan. Para guru di sekolah juga memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk mencoba metode pembelajaran inovatif agar proses belajar lebih menarik bagi siswa.

“Dengan kebebasan ini, saya bisa mencoba berbagai pendekatan pembelajaran, seperti metode interaktif dan penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa,” jelas salah satu mahasiswa PBA.

Meski begitu, mahasiswa berharap ada peningkatan dalam sistem penempatan mahasiswa di masa depan. “Saya berharap sistem penempatan mahasiswa bisa lebih merata antara prodi PAI dan PBA. Hal ini penting untuk menghindari kecemburuan sosial serta memberikan kesempatan yang sama bagi semua mahasiswa,” ujar seorang mahasiswa.

Melalui PLP 2, mahasiswa PAI dan PBA Umsida tidak hanya memperoleh pengalaman langsung sebagai pendidik tetapi juga memahami tantangan yang akan mereka hadapi dalam dunia kerja. Program ini menjadi bukti komitmen FAI Umsida dalam mencetak lulusan yang profesional, berkompeten, dan siap menghadapi dunia pendidikan dengan bekal pengalaman yang matang.

FAI Umsida, Pilihan Tepat untuk Calon Pendidik Unggul

Sebagai fakultas yang berfokus pada pengembangan pendidikan Islam, FAI Umsida terus menghadirkan program-program unggulan seperti PLP 2 yang memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa. Dengan didukung kurikulum yang berkualitas, dosen yang kompeten, serta program pembelajaran berbasis praktik, FAI Umsida menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin berkarier di bidang pendidikan Islam.

Baca juga:Isra’ Mi’raj: Membangun Keimanan Melalui Kesucian Hati dan Salat yang Berkualitas

Bergabunglah bersama FAI Umsida dan jadilah bagian dari generasi pendidik profesional, inovatif, dan berintegritas! FAI Umsida, mencetak pendidik unggul untuk masa depan pendidikan yang lebih baik. 🚀

Penulis:AHW

Berita Terkini

Aplikasi Analisa Pembiayaan Bank Syariah FAI Umsida Tampil di Pameran LLDIKTI 7
December 1, 2025By
SMARQ BOARD Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab FAI Umsida Tampil di Pameran LLDIKTI 7
November 30, 2025By
Mobile Counselling Online MCO S2 MPI Umsida dalam Pameran Inovasi LLDIKTI Wilayah VII
November 29, 2025By
LKMM-TD HIMA PBA Umsida 2025 Tingkatkan Kepemimpinan Islami di Era Global
November 28, 2025By
SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kunjungi Prodi Perbankan Syariah Umsida dalam Program ODSB One Day as a Sharia Bankir
November 27, 2025By
Student Mobility S2 MPI Digelar di Solo, FAI Umsida Resmi Jalin MoU dengan Ponpes Assalaam
November 24, 2025By
S2 MPI Umsida Gelar Student Mobility dan Coaching Artikel di Solo untuk Penguatan Tesis
November 23, 2025By
Mahasiswa FAI Umsida Bacakan Ikrar Wisudawan pada Wisuda 46 Umsida Sesi 3
November 22, 2025By

Prestasi

SMARQ BOARD Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab FAI Umsida Tampil di Pameran LLDIKTI 7
November 30, 2025By
Wakil Dekan FAI Umsida Mendapat Penghargaan Top 10 Finalis Kompetisi Inovasi Sidoarjo 2025 dengan Inovasi ATAP
November 26, 2025By
Pameran Inovasi Berdampak
4 Inovasi FAI Umsida Tampil di Pameran Inovasi LLDIKTI Wilayah VII
November 25, 2025By
Mahasiswa FAI Umsida Bacakan Ikrar Wisudawan pada Wisuda 46 Umsida Sesi 3
November 22, 2025By
Perjalanan Wisudawan Berprestasi FAI Umsida 46, Dari Lapangan Futsal hingga Kursi Presiden Mahasiswa
November 21, 2025By
WIsudawati Terbaik FAI 46
Perjalanan Sukses Wisudawati Terbaik FAI Umsida ke 46,Dari Mengatasi Tantangan sebagai Ibu, Istri, Hingga Mahasiswa
November 19, 2025By
RisetMu
Enam Dosen FAI Umsida Raih Hibah RisetMu IX 2026
November 18, 2025By
Atiyatul Ulya Naila, Mahasiswi PAI Umsida Terpilih Jadi Ketua Umum IMM Averroes 25/26
November 13, 2025By

Penelitian

Pameran Inovasi Berdampak
4 Inovasi FAI Umsida Tampil di Pameran Inovasi LLDIKTI Wilayah VII
November 25, 2025By
ghibah
Mahasiswa FAI Umsida Kembangkan Model Pengendalian Ghibah Syar’i untuk Bangun Budaya Etika Islami
October 16, 2025By
Abdimas FAI Umsida Kembangkan PAUD Aisyiyah Wonoayu melalui Model Flipped Classroom
May 6, 2025By
Tim Abdimas FAI Umsida Lakukan Pelatihan Marketing Untuk Memberdayakan Unit Usaha Wakaf Produktif
September 11, 2024By
Bahas Psikologi Belajar, Dosen FAI Umsida Lakukan Abdimas Internasional di Malaysia
September 4, 2024By
Abdimas Internasional di PCIM Malaysia, Dosen Pesya FAI UMSIDA Lakukan Literasi Keuangan Bersama PMI
September 3, 2024By
Para Orang Tua ABK Ikuti Sosialisasi Penelitian Website Theraphy Al-Qur’an Bersama PAI Umsida
September 2, 2024By
Dosen PGMI Umsida Berikan 7 Tips Untuk Guru Agama Islam di Masa Transisi Endemi
August 19, 2024By