Mahasiswa FAI Umsida Jalani PLP II di SMK Muhammadiyah 1 Taman: Menempa Diri Menjadi Guru di Sekolah Kejuruan

Fai.umsida.ac.id-Jadi guru di SMK, Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FAI Umsida) kembali meneguhkan langkahnya dalam dunia pendidikan melalui Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II).

Baca Juga:Mahasiswa FAI Umsida Jalani PLP 2 di SMKN 3 Buduran: Wawasan Baru dan Pengalaman Berharga

Kali ini, mereka menjalani pengalaman praktik mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Taman (Vocatama), sebuah sekolah kejuruan berbasis Islam yang memiliki visi membentuk generasi profesional dan berakhlak mulia.

Bagi beberapa mahasiswa, kesempatan mengajar di SMK adalah pengalaman baru yang menantang sekaligus menyenangkan. Salah satu motivasi utama mereka memilih Vocatama sebagai lokasi PLP II adalah latar belakang sebagai alumni SMK, yang mendorong mereka untuk merasakan pengalaman menjadi guru di lingkungan yang dahulu pernah mereka tempuh.

Meskipun sempat merasakan grogi di awal, pengalaman mengajar di Vocatama memberikan banyak wawasan baru. Dari mengelola kelas hingga membangun kedekatan dengan siswa, PLP II menjadi ajang pembelajaran nyata bagi mahasiswa dalam membentuk kompetensi sebagai pendidik profesional.

Menghadapi Tantangan dan Menemukan Kesempatan dalam Mengajar di SMK

Mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Taman bukan tanpa tantangan. Salah satu yang menjadi perhatian mahasiswa adalah kondusifitas siswa yang masih perlu ditingkatkan. Hal ini membuat mereka belajar bahwa menjadi guru bukan sekadar menyampaikan materi, tetapi juga membangun lingkungan belajar yang lebih tertib dan kondusif.

Untuk menghadapi tantangan ini, mahasiswa FAI Umsida menerapkan beberapa strategi, di antaranya:
Menjaga sikap, perilaku, dan cara berpakaian agar menjadi teladan bagi siswa
Mengolah materi ajar agar lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa SMK
Membawa topik pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan partisipasi siswa

Pendekatan ini membantu mahasiswa dalam menyesuaikan diri dengan dinamika kelas di SMK, sekaligus memberikan mereka kesempatan untuk mengenali berbagai karakter siswa dan menemukan metode pengajaran yang paling efektif.

Mengelola Materi dan Membangun Interaksi yang Menyenangkan

Salah satu aspek penting dalam mengajar adalah mengolah materi agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Mahasiswa FAI Umsida belajar bahwa mengajar bukan sekadar menyampaikan teori, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna.

Mereka juga merasakan bahwa mengajar di SMK bukan hanya tentang akademik, tetapi juga tentang membangun komunikasi yang baik dengan siswa. Dengan pendekatan yang lebih interaktif dan komunikatif, mereka mencoba membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

Saat ditanya tentang pengalaman mereka dalam mengelola pembelajaran, beberapa mahasiswa menyatakan bahwa mereka merasa “oke-oke saja”, menandakan bahwa mereka dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan baru. Namun, mereka juga menyadari bahwa menjadi guru di SMK memerlukan kreativitas dan fleksibilitas dalam mengajar.“PLP II ini membuka mata saya bahwa setiap siswa memiliki cara belajarnya masing-masing. Sebagai guru, kita harus bisa menyesuaikan pendekatan agar mereka bisa memahami materi dengan baik.”,Ucap Hilmi Ketua Kelompok PLP II di Vocatama.

Menjadi Pendidik di Muhammadiyah: Semangat, Dedikasi, dan Keikhlasan

Menjadi guru bukan hanya soal akademik, tetapi juga tentang tanggung jawab moral dan sosial. Dalam konteks pendidikan Muhammadiyah, menjadi pendidik bukan sekadar profesi, tetapi juga bagian dari pengabdian.“Menjadi guru memang berat, banyak sekali tuntutan yang harus kita kerjakan. Tapi dalam konteks menjadi pendidik di Muhammadiyah, maka harus ikhlas untuk menghidupi Muhammadiyah, salah satunya adalah menjadi guru di sekolah Muhammadiyah.”, Ucap Ghulam, Salah satu anggota PLP II.

Semangat keikhlasan ini menjadi fondasi bagi mahasiswa FAI Umsida dalam menjalani PLP II. Mereka memahami bahwa pendidikan adalah ladang amal, dan mengajar adalah salah satu bentuk kontribusi nyata dalam mencerdaskan generasi muda.

Dengan adanya PLP II, mahasiswa juga semakin sadar bahwa menjadi pendidik yang baik bukan hanya tentang mengajar, tetapi juga tentang bagaimana menjadi sosok yang dirindukan oleh siswa.“Jadilah pendidik yang dirindukan oleh murid, bukan yang ditakuti. Tegaslah dalam mendidik, tetapi tetap berikan rasa nyaman bagi siswa agar mereka bisa belajar dengan baik.”, Ucap Fazal, salah satu mahasiswa yang PLP di Vocatama

disiniMelalui pengalaman ini, mahasiswa FAI Umsida tidak hanya mendapatkan keterampilan mengajar, tetapi juga membangun karakter sebagai calon guru yang profesional dan inspiratif.

Program PLP II di SMK Muhammadiyah 1 Taman (Vocatama) memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa FAI Umsida dalam memahami dunia pendidikan secara langsung.

Dari mengelola kelas hingga membangun komunikasi dengan siswa, PLP II telah membentuk mahasiswa menjadi calon pendidik yang lebih siap dan profesional. Mereka belajar bahwa mengajar bukan sekadar menyampaikan materi, tetapi juga membentuk karakter siswa dan memberikan inspirasi bagi mereka untuk terus belajar.

Baca Juga:Lebih Percaya Diri Saat Public Speaking, Dosen Umsida Latih 26 Guru Muhammadiyah se-Sidoarjo

Tertarik Bergabung dengan FAI Umsida?

Jika Anda ingin menjadi bagian dari generasi pendidik masa depan yang inovatif dan berdedikasi, FAI Umsida membuka peluang bagi calon mahasiswa yang ingin berkarir di dunia pendidikan.

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs resmi FAI Umsida atau melalui media sosial fakultas. Bergabunglah sekarang dan jadilah bagian dari perubahan dalam dunia pendidikan!

Penulis:AHW

Bertita Terkini

FAI Umsida Gelar Seminar Internasional: Tekankan Pentingnya Strategi Dalam Bahasa Arab
February 18, 2025By
MoU Dengan 2 Perguruan Tinggi Yordania, FAI Umsida Siap Berkancah di Internasional
February 17, 2025By
FAI Umsida Raih Penghargaan KOPERTAIS WILAYAH IV AWARD 2025: Bukti Nyata Prestasi Mahasiswa
February 15, 2025By
Kaprodi PBS Umsida Dampingi Pakar BSI Institute dalam Guest Lecture Ekonomi Syariah
February 13, 2025By
PLP 2 di MA Mambaul Hikam: Mengasah Keterampilan Mengajar dan Membangun Karakter Pendidik
February 12, 2025By
Mahasiswa FAI Umsida Jalani PLP 2 di Smamda: Langkah Nyata Menjadi Pendidik Profesional
February 11, 2025By
Mahasiswa FAI Umsida Bagikan Pengalamannya Student Exchange di Unisza Malaysia
February 10, 2025By
Mahasiswa FAI Umsida Laksanakan PLP 2 di MA Al Fattah Sidoarjo: Mengasah Kompetensi Calon Pendidik
February 9, 2025By

Prestasi

FAI Umsida Raih Penghargaan KOPERTAIS WILAYAH IV AWARD 2025: Bukti Nyata Prestasi Mahasiswa
February 15, 2025By
Mahasiswi FAI Umsida Tampil di Forum Internasional Hari Bahasa Arab Sedunia 2024
January 7, 2025By
Dosen AIK Umsida Raih Gelar Doktor CumLaude: Inovasi Bahan Ajar Halal Lifestyle untuk Pendidikan Islam Berbasis Multidisipliner
December 30, 2024By
2 Atlet Tapak Suci FAI Umsida Raih Prestasi Gemilang di Unesa Pencak Silat Challenge Competition 2024
December 24, 2024By
Unggul Tidak Hanya di Akademik, Atlet Tapak Suci FAI Umsida Borong Berbagai Juara di Ajang Pasuruan Martial Art Championship 3
December 23, 2024By
2 Dosen FAI Umsida Lolos Program RisetMu Batch VIII Sebagai Pengusul Pengabdian kepada Masyarakat
December 13, 2024By
Unggul dan Berkualitas, 7 Dosen FAI Umsida Lolos Tim Pengusul Penelitian Risetmu Batch VIII
December 11, 2024By
Buktikan Kualitas Unggul, Mahasiswa FAI Umsida Sabet Juara Nasional Lagi
December 6, 2024By

Penelitian

Tim Abdimas FAI Umsida Lakukan Pelatihan Marketing Untuk Memberdayakan Unit Usaha Wakaf Produktif
September 11, 2024By
Bahas Psikologi Belajar, Dosen FAI Umsida Lakukan Abdimas Internasional di Malaysia
September 4, 2024By
Abdimas Internasional di PCIM Malaysia, Dosen Pesya FAI UMSIDA Lakukan Literasi Keuangan Bersama PMI
September 3, 2024By
Para Orang Tua ABK Ikuti Sosialisasi Penelitian Website Theraphy Al-Qur’an Bersama PAI Umsida
September 2, 2024By
Dosen PGMI Umsida Berikan 7 Tips Untuk Guru Agama Islam di Masa Transisi Endemi
August 19, 2024By