Fai.umsida.ac.id – Berikan tips guru agama islam dalam menghadapi permasalahan pada era transisi endemi , Kepala Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Dzulfikar Akbar Romadlon MUd bagikan 7 tips yang telah didapatkan pada penelitian di Kecamatan Tarik, Sidoarjo.
Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, terutama bagi para guru Agama Islam (PAI) di tingkat sekolah dasar. Pada masa transisi endemi, guru menghadapi tantangan baru dalam memulihkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan literasi digital.
Baca Juga : Gelar Talk Show Inspiratif, MUBK FAI Umsida Hadirkan 2 Pemateri Alumni Timur Tengah
Dzulfikar Ahmad Romadhon, seorang dosen di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, telah memberikan kontribusi signifikan dalam kajian tantangan yang dihadapi oleh guru Agama Islam di masa transisi endemi. Penelitian yang dilakukan bersama Alfi Nur Hidayatus Sallima ini fokus pada tantangan yang dihadapi oleh guru PAI di sekolah dasar.
Dalam penelitiannya, Dzulfikar menemukan bahwa pembelajaran daring yang diterapkan selama pandemi membawa dampak signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Menurutnya, banyak siswa mengalami penurunan semangat belajar karena metode pembelajaran yang tidak interaktif dan kurangnya keterlibatan langsung antara guru dan siswa.
Dzulfikar juga menyoroti tantangan literasi digital yang dihadapi oleh guru PAI. Menurutnya, banyak guru yang masih kesulitan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Hal ini menjadi hambatan besar dalam upaya memaksimalkan potensi pembelajaran digital.
7 tips efektif guru PAI menghadapi transisi endemi
1. Memahami Kondisi Psikologis Siswa
Pasca pembelajaran daring, banyak siswa mengalami penurunan motivasi belajar. Guru perlu lebih peka terhadap kondisi psikologis siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.
2. Meningkatkan Keterampilan Digital
Literasi digital menjadi kebutuhan utama bagi guru saat ini. Mengikuti pelatihan atau workshop tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran akan sangat membantu.
3. Membangun Komunikasi Efektif dengan Orang Tua
Kerja sama antara guru dan orang tua sangat penting dalam membantu siswa beradaptasi dengan metode pembelajaran baru. Guru harus menjalin komunikasi yang terbuka dan efektif.
4. Menggunakan Metode Pembelajaran yang Variatif
Kombinasikan metode pembelajaran tradisional dengan teknologi digital untuk menjaga ketertarikan siswa terhadap materi pelajaran.
5. Membuat Materi Pembelajaran yang Relevan
Sesuaikan materi pembelajaran dengan konteks kekinian agar lebih mudah dipahami oleh siswa dan meningkatkan relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari.
6. Mengatur Waktu Belajar yang Seimbang
Berikan jeda waktu yang cukup selama pembelajaran agar siswa tidak merasa terbebani dan tetap fokus.
7. Evaluasi Berkala Terhadap Proses Pembelajaran
Lakukan evaluasi secara rutin untuk mengetahui efektivitas metode yang digunakan dan melakukan perbaikan jika diperlukan.
Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan guru PAI dapat mengatasi tantangan yang dihadapi selama masa transisi endemi dan meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa.
Selama masa transisi endemi, guru Agama Islam di tingkat sekolah dasar juga menghadapi berbagai tantangan dalam memulihkan motivasi belajar siswa dan mengatasi hambatan literasi digital. Hal ini diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Alfi Nur Hidayatus Sallima dan Dzulfikar Ahmad Romadhon dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
3 Tantangan Yang Dihadapi Guru PAI Pada Transisi Endemi
- Turunnya Motivasi Belajar Siswa
Penelitian yang dilakukan di Kecamatan Tarik, Sidoarjo ini menemukan bahwa pembelajaran daring selama pandemi menyebabkan penurunan signifikan dalam motivasi belajar siswa. Siswa merasa kurang terlibat dalam proses pembelajaran, yang berdampak negatif pada prestasi mereka.
- Guru PAI Tidak Melek Teknologi
penelitian ini juga mengungkapkan bahwa banyak guru PAI yang masih belum menguasai teknologi digital dengan baik. Literasi digital menjadi tantangan besar, terutama dalam penggunaan teknologi sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif.
- Kurangnya Peran Pemerintah Terkait
penelitian ini juga memberikan gambaran jelas tentang perlunya intervensi dari pihak terkait, seperti pemerintah dan lembaga pendidikan, untuk memberikan pelatihan dan dukungan bagi guru PAI. Dengan demikian, diharapkan tantangan ini dapat diatasi dan kualitas pendidikan di masa transisi endemi dapat meningkat.
Baca Juga : Bagaimana Cara Mendidik Anak agar Tak Menjadi Generasi yang Lemah?
PGMI Umsida juga memberikan kesampatan untuk para mahasiswanya mendapatkan pengalaman yang berharga dalam melihat situasi dan realita yang terjadi pada guru agama islam,
Tertarik bergabung bersama kami? , Yuk kunjungi linimasa admisi.umsida.ac.id untuk mengetahui lebih lanjut tentang FAI dan PGMi Umsida.
Sumber : Sallima, A. N. H., & Romadlon, D. A. . (2024). The Challenge of Teacher Islamic Religion During an Endemi Transition: the Study of Phenomenon at Elementary School Level. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 235–250. https://doi.org/10.51276/edu.v5i1.650
Penulis : A. Hasbul Wafi