Mahasiswa Prodi PBA Raih Juara 3 Taqdimul Qishah Tingkat Nasional

Kecakapan dalam menyampaikan cerita dibutuhkan pemahaman yang dalam akan naskah cerita, apalagi jika dilakukan dalam bahasa asing. Itulah yang menjadi salah satu tantangan yang dihadapi oleh Fariz Sayyidan, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), hingga akhirnya Ia dapat meraih juara 3 dalam ajang Kalijaga Arabic Fest (KAF), dalam rumpun lomba taqdimul qishah yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogjakarta, Sabtu (12/11).

Mahasiswa semester 3 ini tidak menyangka bahwa dirinya akan menjadi salah satu pemenang dalam ajang Kalijaga Arabic Fest kali ini. Ajang ini adalah sebuah acara pekan bahasa tingkat nasional yang dikemas dengan berbagai macam perlombaan, mulai dari taqdimul qishah, debat, dan lain-lain. Perlombaan ini dimulai dari awal tahap pendaftaran pada 11 Oktober 2021 hingga pengumuman pada 20 November 2021.

Ajang perlombaan ini merupakan kegiatan rutinan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta. Dalam cabang lomba taqdimul qishah yang diikuti oleh Fariz, penilaian tidak hanya berdasarkan pada kelancaran dan kecakapan dalam berbicara. Namun juga kostum, penghayatan terhadap cerita, serta atribut pendukung lainnya.

Mahasiswa asal Surabaya ini berharap dapat memotivasi mahasiswa lainnya agar selalu aktif, baik dalam bangku perkuliahan maupun diluar perkuliahan. Kalah atau pun menang dalam perlombaan tidak masalah, asalkan ada kemauan untuk mencoba dan mencari pengalaman.

Ditulis: Rina Aditia Dwi A

Related Posts

Leave a Reply