Prodi PAI Sumbangkan Juara 1 Lomba Karate Internasional

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) meraih prestasi di ajang internasional. Mafaza Amrillah, mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Program studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Umsida berhasil mendapatkan Juara 1 kumite Karate Internasional.

Faza, demikian sapaan akrabnya, meraih medali emas dalam ajang Nara Cup 8 2021 kategori senior shadow kumite putra tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Mayor jendral (purn) H Nachrowi Ramli I SE dibawah asuhan Forki (Federasi Olahraga Karate-do Indonesia). Selasa (26/10).

Mahasiswa semester 5 itu menjelaskan teknis perlombaan Nara Cup 8 2021. “Alur lomba dan mekanismenya tidak seperti biasanya, pertama mendaftar terlebih dulu, untuk kali ini persyaratan lomba tidak ada timbang badan, karena atlet dijadikan satu kelas, kemudian kita membuat video menyerang target dengan teknik karate yang kita pelajari,” jelasnya.

Untuk pengumpulan video dikirim ke ADM Nara Cup open Karate berupa link Youtube, video tersebut tidak boleh di edit agar tidak terjadi kecurangan. Adapun seleksi pemenangnya melalui live Youtube di chanel ADM Nara Cup. “Setelah menyaksikan pengumuman, saya sangat senang karena berhasil meraih juara 1 Shadow Kumite Senior,” imbuh Faza.

Saat di wawancarai Jurnalis Umsida, Mafaza Amrillah mengatakan suka dan dukanya mengikuti ajang tersebut. “Sebenanrnya mengikuti perlombaan tidak ada dukanya, karena banyak sekali pengalaman yang bisa didapat, sukanya bisa bertemu dengan teman-teman di tempat latihan membuat saya lebih semangat lagi,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan kesiapan dalam mengikuti ajang Nara Cup 8 2021. “Karena perlombaan ini tingkat internasional, jadi banyak sekali yang harus dipersiapkan, dari mulai jam latihan, kesiapan fisik, mental, menjaga kesehatan. Selain latihan di kampus, saya juga menambah jam latihan di dojo yang lain, dan setiap harinya sampai menjelang pembuatan video, saya tidur yang cukup agar badan tetap bugar,” tuturnya.

Yang terakhir, ia berharap kedepannya bisa berkontribusi di ajang perlombaan lainnya. “Hasil latihan saya yang begitu keras dan usaha yang dilakukan selama ini terbayarkan dengan perolehan prestasi tersebut, namun perjalanan saya masih panjang, kedepannya saya berharap bisa membanggakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Umsida agar bisa terkenal dan menjadi contoh bagi adik-adik mahasiswa nantinya,” pungkasnya.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Related Posts

Leave a Reply